Jenis Kaca Tempered Karawang Yang Perlu Diketahui

Jasa Pasang Kaca dan Aluminium

Anda yang sering ataupun pernah menonton olahraga hoki, terutama olahraga hoki indoor tentu tahu seperti apa lapangannya. Di sekelilingnya dipasangi pengaman yang terbuat dari kaca. Sesering apapun pengaman tersebut terkena pukulan bola, kacanya tidak pernah pecah. Karena kaca tersebut sifatnya sangatlah kuat.

Kaca Tempered

Ya, pengaman tersebut dibuat dari kaca tempered. Kaca yang selama ini dikenal sebagai safety glass. Sebuah teknologi kaca yang mempunyai standar keamanan yang tinggi, di mana kaca tersebut dibuat melewati proses termal dan proses kimia yang panjang untuk meningkatkan kekuatannya.

Jika kaca biasa pecah, bentuknya akan hancur dengan berkeping – keping yang runcing serta tajam. Beda halnya dengan kaca tempered, ketika pecah kepingan – kepingannya akan berbentuk potongan granular yang tidak runcing, sehingga tak akan menimbulkan cedera yang serius.

Sebab proses pembuatannya pemanasan termal yang diterima kaca tersebut mencapai titik lunak. Setelah itu kaca didinginkan dengan amat cepat, membuat kaca tempered menjadi sangat kuat. Kaca tempered tahan terhadap benturan, perubahan suhu ekstrim dan tahan akan tekanan sekalipun untuk kaca yang ketebalannya sama dengan kaca biasa.

Kaca tempered dibuat melewati proses tegangan tekan yang minimum ada di tekanan 69 megapascal. Kaca tempered layak dianggap sebagai kaca pengaman ketika tegangan tekan terhadap permukaannya lebih dari 100 megapascal. Kaca tempered dapat dibuat dalam aneka bentuk serta gaya. Namun, kaca ini perlu dipotong, dibentuk, dan digiling sebelum di-temper. Apabila tidak, maka kaca justru malah akan patah ketika ditempa.

Jenis Kaca Tempered

Kaca tempered terdapat banyak jenisnya. Semua tergantung pada bentuk, proses tambahan, pelapisan dan hal -hal lainnya.

Berikut ini beberapa jenis kaca tempered:

1. Laminated Tempered Glass

Kaca tempered yang satu ini mempunyai lapisan laminasi. Lapisannya bisa ada di satu bagian ataupun kedua sisi kacanya. Lapisan laminasi ditambahkan untuk membuat kaca menjadi jauh lebih aman, terutama ketika kaca terbentur benda tumpul.

Seperti penggunaan kaca tempered laminasi contoh pada kaca pesawat terbang. Ketika kacanya pecah, kepingan – kepingannya tidak akan tersebar ke mana – mana.

2. Clear Tempered Glass

Kaca tempered selanjutnya mempunyai tampilan yang sangat mirip dengan kaca biasa. Kacanya sengaja dibuat bening agar mudah ketika diaplikasikan. Sebagai informasi, kaca tempered biasanya tidak bening. Ada distorsi yang membuat tampilannya menjadi sedikit buram.

Clear tempered glass umumnya dipakai untuk hal – hal yang bersifat arsitektural. Contoh pemakaiannya yaitu pada railing yang ditempatkan di pinggir lantai, terutama lantai yang tinggi. Tujuannya yaitu sebagai pembatas agar tidak ada orang yang jatuh ke bawah.

3. Tinted Tempered Glass

Kaca tempered yang ini memiliki lapisan berupa lembaran film yang tipis. Lembaran filmnya mempunyai yang bertujuan sebagai lapisan untuk mengurangi panas sinar matahari. Sehingga, ruangan menjadi lebih sejuk.

4. Reflective Tempered Glass

Reflective tempered glass yaitu jenis kaca tempered yang memiliki kemampuan memantulkan bayangan secara lebih baik. Contoh penggunaannya misalnya sebagai cermin di kaca spion. Penggunaan kaca tempered sebagai spion ini yaitu agar saat pecah, tidak akan melukai baik pengemudi ataupun penumpang.

5. Frosted Tempered Glass

Kaca tempered selanjutnya yaitu dari jenis kaca tempered yang permukaannya sedikit kasar. Kaca ini juga tidak tembus pandang. Walau begitu, sedikit bayang – bayang masih dapat sedikit terlihat kendati tidak sejelas kaca biasa.

Contoh penggunaan kaca tempered jenis ini salah satunya yaitu sebagai kaca kamar mandi.

Nah itulah yang merupakan jenis – jenis Kaca Tempered Karawang. Cahaya Teknik Sabtoro adalah perusahaan yang bergerak di bidang barang dan jasa konstruksi, seperti pekerjaan plumbing, pemasangan keramik, pemasangan kaca jendela, dan pekerjaan konstruksi lainnya.

 

 

Related Posts

Write a comment